HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 02 Oktober 2016

SKRIPSI PSIKOLOGI PS-010 : Hubungan Antara Kecerdasan Ruhaniah Dengan Altruisme Pada Mahasiswa

INTISARI


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara kecerdasan ruhania dengan altruisme pada Mahasiswa. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kecerdasanruhaniah dengan  altruisme pada mahasiswa. Semakin tinggi kecerdasan ruhaniah maka semakin tinggi altruismenya. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan ruhaniah maka  altruismenya  rendah.
Subjek penelitian ini adalah Mahsiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia. Jumlah subjek penelitian ini adalah 100. Teknik pengambilan data yang dipakai pada penelitian ini dengan metode angket atau skala sebagai alat tes, untuk  skala untuk skala kecerdasan ruhaniah dirancang oleh peneliti sendiri berdasarkan aspek-aspek kecerdasan ruhaniah dari Tasmara (2001). Yang berjumlah 32 aitem. Sedangkan untuk skala altruisme peneliti mengadaptasi dari penelitian Adhim (2001), yang berjumlah 40 aitem, mengacu pada aspek-aspek perilaku altruistik,
Metode analis data yang dilakukan dalam penelitian ini mengunakan fasilitas program SPSS 10,5 for window, untuk menguji apakah ada hubungan positif antara kecerdasan ruhaniah dengan altruisme. Korelasi Product moment dari Karl Pearson menunjukkan korelasi sebesar r = 0,489 (p = 0,000< 0,01). Yang artinya ada hubungan positif antara kecerdasan ruhaniah dengan altruisme pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Jadi hipotesis diterima.


Kata kunci : Kecerdasan ruhania , Altruisme


DAFTAR PUSTAKA

Adhim, F.M. 2001, Hubungan Antara Orientasi Religius Dan Perilaku Menolong Altruistik Pada Remaja Muslim. Skripsi (tidak diterbitkan) Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Agustian, Ari.G. 2001. Rahasia Sukses Membagun Kecerdasan dan Spiritual Berdasarkan Rukun Iman dan Rukun Islam. Jakarta : Penerbit Arga.
Andrianto, S. 1999. Hubungan kematangan Beragama  dengan Intensi Prososial pada Mahasiswa Fakulta Psikologi Universitas Islam Indonesia . Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi UII.
Niken, I. LNH.1998, Seni: Wahana Untuk Menajamkan Rasa Dan Memintarkan Emosi. Journal Psikolologika, Hal.19-25, No 5, Tahun III. Yogyakarta.
Jalaludin, 2002, Psikologi Agama (edisi revisi). Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Sears, D,O. et, al. 1991. Psikologi Sosial 2 Edisi Kelima. Jakarta  Penerbit: Erlangga.  
Tasmara, T. 2001, Kecerdasan RUHANIAH (Transendental Intellgensi). Jakarta : Gema Insani.

Shihab, Q. 1996. Wawasan Alqur,an Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan : Bandung.



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147





Tidak ada komentar:

Posting Komentar