ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreatifitas
dalam matematika melalui metode Quantum Learning. Subyek penelitian
adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri XXX yang berjumlah 14 siswa.
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan
melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan
catatan observasi yang berupa chek list. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis deskripstif kualitatif yang terdiri dan 4 komponen, yaitu:
Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur
penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana
tindakan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Proses penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dan empat tahap,
yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan dalam kreatifitas siswa dalam matematika. Adapun
peningkatan hasil dapat dilihat dan perolehan kreatifitas siswa dalam
matematika yang meningkat dan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase
ketuntasan hasil belajar siswa dalam kreatifitas matematika 79% atau 11 siswa
dan pada siklus II sebesar 86% atau 12 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan
penerapan metode Quantum Learning mampu meningkatkan kreatifitas siswa
dalam matematika.
Kata kunci: Kreatifitas siswa
dalam Matematika, Quantum Learning.
Daftar Pustaka
Asep Hery Hermawan, dkk. 2007. Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.
Asrori, Muhammad. 2007. Psikologi
Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.
Ari Astuti. 2008. Ayo Belajar Matematika.
Jakarta: Pusat Pembukuan Depdiknas.
Hari Ane Johnson (Dani Dharyani) 2008. Pengajaran
Yang Kreatif dan Menarik, Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Mulyani Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta
Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhsetya, Gatot. 2007. Pembelajaran Matematika
SD. Jakarta: Universitas terbuka.
Rubiyanto, Rubinaa. 2011. Metode
Penelitian Pendidikan. Surakarta: Qinant.
Ruseffendi. 1997. Pendidikan Matematika.
Jakarta: universitas Terbuka.
Sulhan, Najib. 2006. Managemen
Pembelajaran Guru. Surabaya: SIC
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan
Kelas.Surakarta: Qinant.
Sumatno. 2003. Pemantapan Kemampuan
Mengajar. Jakarta: Universitas terbuka.
Sulhan,Najib. 2006. Model Pembelajaran. Surabaya:
(Surabaya Intelektual Club).
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar