HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Rabu, 31 Agustus 2016

PTK SD 233 = Pd 926 : Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Alat Peraga Gambar Bagi Siswa Kelas II Semester I SD XXX Tahun Pelajaran 2012/2013

ABSTRAK




Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran, khususnya pada pelajaran Pkn. Penelitian ini mengacu pada Penelitian Tindakan kelas, dilakukan di SD N XXX pada siswa kelas II semester I tahun pelajaran 2012/ 2013. Metode yang dipilih adalah penggunaan alat peraga gambar, karena media gambar mudah didapat dalam keadaan siap pakai dan disukai oleh anak berbagai umur. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dengan model pembelajaran penggunaan alat peraga gambar, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada pelajaran Pkn. Ini dapat dilihat pada pra siklus motivasi belajar siswa 60,28 %, siklus I motivasi belajar siswa 67,35 % dan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80,08 %. Dari 40 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan, siswa yang tuntas sebanyak 38 anak atau 95,00% dan 2 siswa atau 5,00 % belum tuntas, hal ini disebabkan karakteristik dan latar belakang setiap anak berbeda.
Kata kunci : motivasi belajar, alat peraga, media gambar




DAFTAR PUSTAKA
AECT (Association for Educational Communication and Technology). Evaluating Media Programs District and School, Washington, D.C : The Association, 1976.
De Cecco, J.P. (1968). The Psychology of Learning and Instruction: Educational Psychology, Engelwoood, New Jersey: Practise, Inc.
Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Grafindo Persada.
Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode penelitian Pendidikan. Qinant. PSK-GJ-Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Qinant. PSK-GJ-Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Usman, M.Basyirudin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers.
Winkel W.S. 1991. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta Gramedia.







Buku-buku Refensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 0856 0196 7147





Tidak ada komentar:

Posting Komentar