HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 26 Juni 2016

SKRIPSI E 675 : Analisis Pengaruh Variabel Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) Dan Return On Assets (ROA) Terhadap Harga Saham (Studi pada Saham Perusahaan Jasa Telekomunikasi Pemerintah yang Go Public di BEI Tahun 2004 - 2008)

ABSTRAK



Kata Kunci          : EPS, PER, ROA, dan Harga Saham

Perusahaan Jasa Telekomunikasi adalah salah satu industri yang ikut berperan serta dalam pasar modal. Perusahaan Jasa Telekomunikasi telah memberikan sumbangan yang berarti dalam mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat luas. Dalam dunia pasar modal, kinerja perusahaan dapat diapresiasikan dengan naik turunnya harga saham perusahaan. Salah satu analisis yang digunakan untuk digunakan memprediksi mengenai harga saham adalah analisis fundamental. 
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI dari tahun 2004 – 2008, terdapat dua perusahaan yang tergolong dalam sektor telekomunikasi Pemerintah yang go public di BEI, yaitu Indosat Tbk. (ISAT) dan Telekomunikasai Indonesia Tbk. (TLKM). Dan sampel yang digunakan  purposive sampling. Variabel penelitian dalam penelitian ini terdapat empat variabel yaitu: EPS (X1), PER (X2), dan ROA (X3) sebagai variabel bebas dan harga saham  (Y) sebagai variabel terikat. Data yang diperoleh dalam penelitian menggunakan metode dokumentasi dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan asumsi klasik yaitu multikoliniaritas, hesteroskedastisitas, autokorelasi dan uji normalitas.
Dari hasil analisis secara simultan dengan level of significant 5% variabel EPS, PER, dan ROA secara signifikan terhadap harga saham perusahaan jasa telekomunikasi pemerintah. Variabel EPS, PER, dan ROA dalam penelitian ini mampu menjelaskan perubahan harga saham Sebesar 89,2% dan sisanya sebesar 10,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Secara parsial dengan level of significant 5% variabel EPS dan PER mempengaruhi secara signifikan terhadap harga saham perusahaan jasa telekomunikasi pemerintah. Sedangkan ROA tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap harga saham perusahaan jasa telekomunikasi pemerintah. Adapun variabel yang dominan mempengaruhi harga saham adalah variabel EPS, hal ini ditunjukkan koefisien determinasi secara parsial (r2) sebesar 83,36%.      



DAFTAR PUSTAKA



Algifari. 2000. Analisis Regresi, Teori Kasus dan Solusi, Yogyakarta: BPFE.
Anoraga, Pandj. 2001. Pengantar Pasar Modal, (edisi revisi), Jakarta: Rineka Cipta. 
Antonio, Muhammad Syafi'i. 2001. Bank Syariah (dari Teori ke Praktek), Jakarta:  Gema Insani.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Edisi Rivisi IV), Jakarta: Rineka Cipta. 
Darmadji T. dan Hendy M. Fakhfuddin. 2001. Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta:  Salemba Empat,.
Fahrani, Reza. 2004. Analisis Pengaruh Variabel Earning Per share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham (Studi pada perusahaan foot and baverage yang listing di BEJ Tahun 2000-2002), Skripsi. Malang: FE Universitas Brawijaya. 
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Ghozali, I. dan Fx., Sugiyanto. 2002.  Meneropong Hitam Putih Pasar Modal, Yogyakarta: Gama Media. 
Gujarati, Damodar. 1999. Essentials of Econometric, Second Edition,  United State: McGraw-Hill Companies, Mulyadi, A., Julius (penerjemah). 2006. Dasar-Dasar Ekonomimetrika jilid 2,  (edisi ketiga), Jakarta: Erlangga.
Halim, Abdul. 2005. Analisis Investasi, Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat. 
Hanafi, Mamduh dan Halim, Abdul. 2003.  Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Husnan, Suad. 2005. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Keempat, Yogyakarta: UUP AMP YKPN.  
http://www.idx.co.id. Tanggal 1 Agustus 2009. 
http://www.Pembelajar .com/ISOL. Tanggal 10 Desember 2009. 
Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2002. Metodologi Penelitihan Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen, Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE.
Komaruddin, Ahmad. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Investasi dan Portofolio, Jakarta: Reneka Cipta,. 
Mulyono, Sugeng. 2000. Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Tingkat Suku Bunga terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Aneka Industri yang Go Public di BEJ Tahun 1992-1997). Skripsi. Malang: FE Universitas  Gajayana.
Munawir. 2001. Analisa Laporan Keuangan, Yogyakarta: Liberty. 
Munir, Misbahul dan Djalaluddin, A. 2006. Ekonomi Qur'ani: Doktrin Reformasi Ekonomi dalam Al Qur'an, Malang: UIN Malang Press.
Rusdin. 2006. Pasar Modal (Teori, Masalah, dan Kebijakan dalam Praktek), Bandung: Penerbit Alfabeta
Santosa, Budi, Purbayu dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: ANDI.
Santoso, Joko. 2003. Analisis Beberapa Variabel Fundamental yang Berpengaruh Terhadap Harga Saham (Studi kasus pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEJ). Skripsi. Malang: FE Universitas Brawijaya. 
Santoso, Singgih. 2000.  Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sinaga, Roike. 2008. Industri Telekomunikasi Tetap Jadi Andalan. www.Antara News.co.id. Tanggal 31 Desember 2008.
Subiyantoro, Edi. 2003. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham (Kasus Perusahaan Jasa Perhotelan yang Terdaftar di Pasar Modal Indonesia). Skripsi. Malang: FE Universitas Brawijaya. 
Sugiyono. 2002.  Metode Penelitian Bisnis,  Bandung:  Alfabeta,.
Sunariyah. 2003. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Yogyakarta: UUP AMP YKPN. 
Syahatah, Husein dan Fayyadh, Athiyyah. 2004. Bursa Efek; Tuntutan Islam dalam Transaksi Di Pasar Modal (Adh-Dhawabit Al-Syar'iyah liat Ta'amul fii Suuq Al-Maliyah) penerjemah A. Syakur. Surabaya: Pustaka Progressef.
Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi Pertama, Yogyakarta: Penerbit BPFE. 
Widjajakusuma, Krebet dan Yusanto, Ismail. 2002. Pengantar Manajemen Syariah, Jakarta: Khairul Bayyan.
Zainal, Mustafa. 1995. Statistik Terapan Untuk Ekonomi, Yogyakarta: BPFE-UII.



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar