HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Selasa, 28 Juni 2016

PTS 011 : Upaya Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling di Sekolah Binaan Melalui Kolaborasi Peran Kepala Sekolah dengan Musyawarah Guru Pembimbing (MGP)



ABSTRAK


 Penelitian ini berjudul “Upaya Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling di Sekolah Binaan Melalui Kolaborasi Peran Kepala Sekolah dengan Musyawarah Guru Pembimbing (MGP). Bimbingan dan konseling merupakan salah satu unsur muatan kurikulum yang harus dilaksanakan di sekolah. Visi bimbingan konseling adalah terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya layanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar peserta didik berkembang secara optimal, mandiri, dan bahagia. Dengan pelayanan yang baik, pemberian bantuan secara optimal, siswa akan mampu mengatasi masalah yang dihadapi sehingga terwujud proses pembelajaran yang kondusif dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah.
Dalam kenyataan, pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah belum sesuai dengan yang diharapkan. Dari delapan sekolah binaan, baru satu sekolah yang melaksanakan program bimbingan dan konseling. Penulis berupaya agar semua sekolah melaksanakan program bimbingan dan konseling.
Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam dua sirklus yang melibatkan seluruh kepala sekolah binaan, guru bimbingan konseling, dan guru lain yang ditugaskan oleh kepala sekolah sebagai guru pembimbing di sekolah. Penelitian ini diawali dengan pemberian kuisioner kepada kepala sekolah yang memuat pertanyaan-pertanyaan tentang pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah. Selanjutnya diadakan observasi, wawancara, dan pelatihan guru pembimbing melalui forum musrawarah guru pembimbing (MGP) dengan narasumber guru pembimbing di sekolah binaan yang telah mengikuti pendidikan dan latihan.
Setelah dilakukan penelitian tindakan sekolah, dapat disimpulkan bahwa program bimbingan sangat penting dan wajib dilaksanakan di sekolah dan semua sekolah binaan melaksanakan program bimbingan dan konseling, walaupun tidak memiliki guru berlatar belakang bimbingan konseling.





DAFTAR PUSTAKA

Dewa Ketut Sukardi (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Gerald Coney (1998). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. PT. Eresco. Jakarta.
ISBN; Standar Kompetensi Kepala Sekolah (2007). PT. Buku Kita. Jakarta
Prayitno (2001).  Pengawasan Bimbingan dan  Konseling di Sekolah. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Prayitni (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. PT. Bineka Cipta. Jakarta.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan (2003). CV. Bumi Aksara. Jakarta.
Oemar Ha’malik. Kurikulum dan Pembelajaran (1994). Bumi Aksara. Jakarta.
Zainal Anib. Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengembangan Profesi Guru (2006). PT. Yrama Widya. Jakarta.



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar