HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 06 Juni 2016

PTK TK 021 = Pd 990 : Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Kantung Pintar Pada Anak Kelompok B TK XXX Tahun Ajaran 2012/2013

ABSTRAK



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam memahami konsep matematika yang dihkususkan pada penjumlahan dan pengurangan serta pengenalan angka atau bilangan pada anak kelompok B TK XXX. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan media kantung pintar. Karena proses pembelajaran dilakukan secara berulang maka dilaksanakan melalui siklus.Tempat penelitian ini dilakukan di TK XXX dengan menggunakan system deskriftif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah : lembar observasi aktifitas guru dan lembar observasi hasil belajar anak. Subjek penelitian ini berjumlah 11 anak laki-laki dan 19 anak perempuan pada siklus I. Dari hasil observasi prasiklus diperoleh data yaitu : observasi pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru 56 % dan observasi tes kemampuan hasil belajar 22,47 %, pada siklus II terjadi peningkatan yaitu observasi pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru 85,7 % dan observasi tes kemampuan hasil belajar 85,17 % maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika dapat ditingkatkan melalui permainan media kantung pintar. Kata kunci: konsep matematika, kantung pintar, anak usia dini.



DAFTAR PUSTAKA



Asmani, Jamal Ma’ruf. (2011), Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Laksana.
Astuti Wili. (2011). Bermain dan teknik permainan, Surakarta.Qinant.
Darsinah. (2011) Perkembangan Kognitif,Surakarta. Qinant.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Didaktif Metodik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Dediknas.
Kasbolah E.S dan Iwayan Sukarnyana. (2006) Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Malang. Universitas Negeri Malang (UM. Prees)
Mariyadi. Dkk. (2011). Pedoman Penulisan SKRIPSI FKIP. Surakarta. BP-FKIP.UMS
Miftahudin. (2012) Berbagai Jenis Strategi Pembelajaran Program Studi PGTK/ PAUD. Sorong, STKIP Muhammadiyah Sorong.
Mujiono. (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Prasetyarini, Aryati. (2011). Psikologi Pendidikan. Modul.
Riyanto, yatim (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya. SIC
Sujiono, Yuliani, Nurani. (2009). Kosep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,Jakarta. RT. INDEKS.
Sujiono, dkk. (2008). Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta. Universitas Terbuka.
Sumiati. (2007). Metode Pembelajaran, Bandung.CV.
Sunarto. (2010). Penelitian Tindakan Kela, Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, Surabaya. Kementrian Pendidikan Nasional. UNESA.
Supriyadi. (1996). Karakteristik Pada Belajar Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Surtikanti. (2011). Media dan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Modul.



Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147





Tidak ada komentar:

Posting Komentar