HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Rabu, 22 Juni 2016

PTK SMA 110 = Pd 1002 : Penerapan Metode Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA XXX Tahun 2011/2012

ABSTRAK



Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran Giving Questiona and Getting Answer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI ips 2 SMA Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini untuk metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, teknik evaluasi/tes, dokumentasi, angket. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 18,92% dan hasil belajar akuntansi yang mencapai KKM 45,95% dengan nilai rata – rata 64,33. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 42,08% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 62,17% dengan nilai hasil belajar siswa 74,84. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 72,2% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 75,68 % dengan nilai hasil belajar siswa 77,25. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 70% dan dapat dietrima kebenarannya.

Kata kunci: Metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer, Keaktifan, hasil belajar





DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Chaniago, Defri. 2010. Aktifitas Belajar. Diakses pada tanggal 18 November 2011. Jam 14.20 WIB
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri Djamarah, Syaiful. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Baridwan, Zaki. 2000. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Budimansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Bamdung: Genesindo.
E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung : Remaja Rosada Karya.
Febru Aries, Erna. 2009. Indikator Keaktifan Siswa Yang Dapat Dijadikan Penilaian Dalam PTK. Diakses pada tanggal 18 November 2011. Jam 13.59 WIB
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Harjanto. 2010. Perancanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Nawawi, Hadari. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya.2011. Pengertian Perkembangan Belajar. Diakses pada tanggal 15 November 2011. Jam 14.23 WIB
Sardiman, AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silberman, Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Soemarso S.R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.
Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Joko. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Uno, Hamzah. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar