HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 16 Juni 2016

PTK SD 232 = Pd 925 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Metode Group Investigation Pada Siswa Kelas 1 SD XXX Tahun 2012

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas I dengan metode group Investigation. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN XXX yang berjumlah 25 siswa.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. uji Validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan analisis.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklusterdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar IPS siswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat . hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siklus I pertemuan I sebesar 72% atau 18 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 76% atau 19 siswa serta pada siklus II pertemuan I sebesar 80% atau 20 siswa, pada siklus II pertemuan II sebesar 92 % atau 23siswa Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode group Investigation mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas I.
Kata kunci : Hasil belajar IPS, metode group Investigation





DAFTAR PUSTAKA

Jacobs .1992. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Slameto .2003.Belajar sebagai Proses Peninkatan Pengalaman .Jakarta Arya Darma
Poerwadarminta. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya
Nasution & Gestalt 2006 Belajar merubah Tingkah laku .Bandung :Sapta Cipta
Hamalik.2006.Proses Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara.
Henypratiwi.2009.£'Asper/e«5/a/ Learning  http://\wvw.eksperiensialleaming.com. diakses21 Juni 2012.
Abu Ahmadi &Munawar .2005 Psikologis berpengaruh pada Proses Belajar . Jakarta Budi Luhur
Wattimena AA. 2009. Metode Penelitian Naratif. http://rp8podcasts.com. DiakseS 21 Juni 2012.
UU Sisdiknas No.20 2003
Rubiyanto Rubino,2011. Metode Penelitian Pendidikaa Solobaru:Qinant
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rieneke Cipta.
Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Oemar Malik 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kurikulum KTSP SD / MI 2007.
Kurikulum KTSP SD / MI 2006
Wardani,I.G.A.K.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : UniversitasTerbuka.
Suharsimi Arikunto,Sugiyanto 2009 .Pengajaran dengan sistematis yang Efisien Jakarta :Sarta Cipta
Sardjiyo, 201 l.Pencifik/PSI/SD ,Jakarta :Universitas Terbuka
Benyamin Bloom ,2009.Psikologi Pendidikan Cetakan 1.Jakarta :Rieneke Cipta.
Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana, N. 1989. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja RosdaKarya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motrvasi Belajar Mengajar,
Jakarta:PT. Raja Grapindo Persada.


Buku-buku Refensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar