HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 23 Mei 2016

PTS 009 : Implementasi Manajemen Re Untuk Mengurangi Jam Kosong, Katerlambatan Guru Datang di Sekolah, dan Katerlambatan Guru Masuk Kelas di SMA XXX

ABSTRAK



Tujuan dari penulisan Untuk mengurangi jam kosong di sekolah, mengurangi jumlah guru yang terlambat datang di sekolah, mengurangi jumlah guru yang terlambat masuk kelas.
Yang dimaksud manajemen RE adalah sebuah konsep manajemen yang berarti upaya-upaya untuk menciptakan teori atau konsep baru (Tentunya yang lebih efektif) berkaitan dengan cara mengelola sebuah sekolah dengan 6 langkah melalui sebuah siklus (cycling). Keenam langkah tersebut adalah “reorienting, relearning, replanning, redoing, rechecking, dan re-acting”.
Inti dari manajemen ini adalah bagaimana seorang kepala sekolah memberdayakan semua aspek yang ada disekolah, untuk dikelola secara profesional dan total, melalui tahapan-tahapan yang digambarkan melalui model siklus tersebut. Selain itu bagaimana komponen-komponen yang ada dalam siklus tersebut dapat disinergikan sehingga pola pengelolaan sekolah yang menurut penulis bersifat spiralis tidak terjadi “missing link”.
Adapun pola siklus yang penulis tawarkan dimulai dari pengendalian, perbaikan/peningkatan, pemeliharaan, tindakan, perencanaan, pemeriksaan dan pelaksanaan. Pengendalian perlu dilakukan terhadap produk input, proses pengerjaan (KBM) atau implementasi PBM hingga akhir output. Untuk itu perlu dikembangkan “mentalitas berkwalitas guru” yang melekat pada pelaku proses (built in quality) dan menerapkan do it right the first time.
Dari hasil yang diperoleh dapat disampaikan disini bahwa dengan manajemen RE dapat menformat disiplin guru dan berefek pada disiplin siswa, yang akhirnya akan mewujudkan sekolah yang efektif dan unggul.
Karya Tulis ini diharapkan bukan hanya sebuah tulisan yang bermimpi besar (dream big) saja, tetapi juga dapat dilakukan dan di implementasikan mulai dari yang kecil (start from little) yang kemudian melalui tindakan (do it now).





DAFTAR PUSTAKA
Sudarman Danim., (2002), Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Pustaka Pelajar Offset, Bengkulu
Terry Evans and Daryl Nation, (2000), Changing University Teaching, Reflection on Creating Educational Technologies, Kogan Page Limited Stylus Publishing Inc., London
David P. Langford., Barbara A. Cleary., (1996), Orchestrating Learning with Quality, Synergy Books International
Hernowo., Chairul Nurdin., (2003), Bu Slim & Pak Bil, Kisah tentang Kiprah Guru “Multiple Intelligences” di Sekolah, Penerbit Mizan Learning Center, Bandung
Indra Djati Sidi., (2001), Menuju Masyarakat Belajar, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Paramadina dengan Logos Wacana Ilmu, Telaga Kahuripan.
Ibtisam Abu-Duhou., (2002), School Based Management, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, Logos
Zamroni., (2000), Paradigma Pendidikan Masa Depan, Bigraf Publishing
Dedi Supriadi., (2003), Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Jason Tan., S. Gopinathan., Ho Wah Kam., (1997), Education in Singapore, A book of Reading, National Institute of Education Nanyang Technological University, Prentice Hall, Singapore
James W. Brown., Kenneth D. Norberg., Sara K. Srygley., (1965) Administering Educational Media - Instructional Technology and Library services, McGraw-Hill Book Company
Joseph Murphy., Karen Seashore Louis., (1999), Hand Book of Research on Educational Administration-A Project of The American Educational Research Association, Jossey-Bass Publishers
Robert G. Owens., (1991), Organizational Behavior in Education, Allyn and Bacon United States of America.
______ (1976), The American Heritage Dictionary, Houghton Mifflin Company, Boston, New York, London
Sudjana., (2004), Manajemen Program Pendidikan-untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Falah Production.



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar