HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 26 Mei 2016

PTK TK 017 = Pd 986 : Implementasi Proses Menebalkan Huruf Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B3 Di TK XXX 2012/2013

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan (1)Tujuan Umum untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus melalui metode menebalkan huruf; (2)Tujuan Khusus untuk mengetahui pengembangan melalui kemampuan motorik halus melalui metode menebalkan huruf pada anak Tk Kelompok B3 TK XXX Tahun 2013.Penelitian ini di lakukan di TKXXX pada anak kelompok B3. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah tehnik pengumpulan data melalui metode obsevasi dan catatan lapangan. Metode observasi dilakukan pada proses pembelajaran guru dan anak. Berdasarkan penelitian yang di lakukan bahwa tingkat kemampuan motorik halus pada anak kelompok B3 di TK XXX dalam pembelajaran menebalkan huruf masih di implementasikan melalui menebalkan huruf tergolong masih sangat tinggi. Hal ini sangat relevan dengan hasil data penelitian rata-rata persentase ketuntasan anak pada pembelajaran menebalkan huruf pada siklus I 6,24% setelah mengalami intervensi sebagai upaya perbaikan kualitas maupun kuantitas pola guru mengajar, maka kemampuan motorik halus melalui metode menebalkan huruf pada anak kelompok B3 TK XXX meningkat pada siklus II nilainya sudah di kategorikan nilai tinggi karena rata-rata anak memperoleh nilai 86%.
Kata kunci: kemampuan motorik halus, menebalkan huruf.



DAFTAR PUSTAKA



Asrori, Mohammad. 2008. Penelitian tindakan kelas. Bandung: WacanaPrima
Depdiknas. 2007. Bidang Pengembangan Berbahasa Di TamanKanak-kanak. Jakarta:
Depdiknas Depdiknas. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Di TamanKanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2007. Persiapan Membaca Dan Menulis Melalui PermainanDi Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Haryadi. 2007. Retorika Membaca Model Dan tehnik. Semarang: Rumah Indonesia
Hurlok, Elisabeth. 1978. Perkembangan anak vol 2. Jakarta: Erlangga
Kurikulum TK. 2010. Dirjen Kurikulum Manajemen Dasar Dan Menengah.Jakarta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Jakarta, 2005
Pamadi dan Sukardi. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar prosesPendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media.
Sujana dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar BaruAlgensindo.
Susilo Adi, Taufik. Calistung. Jokyakarta. Hak cipta
Sujono Bambang (2005). Metode Pengembangan Seni. Jakarta Universitas Terbuka



Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar