HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 16 Mei 2016

PTK SMA 108 = Pd 846 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA XXX Tahun Ajaran 2009/2010



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA XXX dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), 2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA XXX dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar (aspek kognitif) siswa pada mata pelajaran Biologi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Peningkatan aktivitas siswa untuk membaca materi mencapai 19 siswa (78,26%), aktivitas siswa mendengarkan diskusi mencapai 17 siswa (73,91%), aktivitas siswa memecahkan permasalahan mencapai 16 siswa (70%), aktivitas siswa untuk presentasi mencapai 23 siswa (100%), aktivitas siswa untuk menjawab pertanyaan mencapai 17 siswa (73,91%) dan aktivitas siswa untuk menulis laporan mencapai 23 siswa (100%), 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ³ 60 mencapai 16 siswa (70%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.


kata kunci : Group Investigation (GI), aktivitas siswa, hasil belajar



DAFTAR PUSTAKA

Anonim.  2009. Taksonomi Bloom. http://blog.unila.ac.id/hermiyanzi/files2009 /10bloom_anderson.ppt. Diakses tanggal 01 Mei 2010
Anita Lee. 2005. Cooperative Learning.  Edisi ke empat. Grasindo. Jakarta.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Asri Wijayanto. 2007. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi dengan Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media LKS pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi.  UMS. Surakarta.
Chabib Thoha. 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
David Naruddin. 2009. Pembelajaran Kooperatif Metode Group Investigation. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2209/06/20/ pembelajaran-kooperatif-metode-group-investigation/. Diakses tanggal 06 Nopember 2009.
Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Derektorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Dewa Komang Tantra, 2005, Konsep Dasar dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Makalah disampaikan dalam : Pelatihan Metodologi Penelitian Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (PPKP) dan Penelitian Tindakan kelas (PTK) Bagi Dosen-Dosen LPTK se­Indonesia. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi (Dit. PPTK dan KPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, Jakarta.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. UN Surabaya Press. Surabaya.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta. Bandung.
Hisyam Zaini. 2002. Desain Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. CTSD IAIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Lexy J. Moeloeng. 1998. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depdiknas. Jakarta.
Matthew B. Miles dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. VI-Press. Jakarta.
Prasasti. 2009. Taksonomi Bloom. http://prasastie.multiply.com/journal/item/47. Diakses tanggal 23 Desember 2009.
Rochiati Wiraatmaja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali. Jakarta.
Suharsimi Arikunto. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Rineka Cipta. Jakarta.
________________. 2006. Prosedur Penelitian Judul Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2006. Metodologi Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.
Uzer Usman. 2001. Menjadi Guru Profesional, Edisi ke 2. Remaja Rasda Karya Bandung.
Zainal Arifin. 1998. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya. Bandung.



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147






Tidak ada komentar:

Posting Komentar