HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Selasa, 26 April 2016

PTK SD 205 = Pd 796 : Pembelajaran Tematik (Learning By Doing)Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Tema Pekerjaan Menghasilkan (PTK Di Kelas III Semester Genap SD Negeri XXX)

ABSTRAK



Penelitian yang bertujuan meningkatkan minat dan prestasi melalui pembelajaran tematik ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III , SD XXX. Tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga putaran. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa minat dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan.  Adapun peningkatanya minat adalah sebagai berikut: 1) sebelum tindakan  ada 4 siswa yang memperhatikan penjelasan guru di kelas (23,53%), setelah tindakan ada 11 siswa (64,70%). 2) sebelum tindakan ada 3 siswa yang bertanya tentang apa yang belum jelas (17,65%), setelah tindakan ada 8 siswa  (47,06%). 3) sebelum tindakan keaktivan siswa dalam mengemukakan ide ada 3 siswa (17,65%), setelah tindakan 70,59% (12 siswa). 4) sebelum tindakan siswa yang aktif melakukan percobaan ada 5 siswa (29,41%),setelah tindakan 76,47% ( 13 siswa). 5) Sebelum tindakan siswa yang mengerjakan soal di depan kelas ada 2 siswa (11,76%), setelah tindakan ada 9 siswa (52,94%).Sedangkan prestasi belajar siswa sebelum tindakan siswa yang mendapat nilai di atas 70 ada 4 siswa ( 23,53%),setelah tindakan ada 8 siswa (47,06%).

Kata kunci : Pembelajaran Tematik,, Minat dan Hasil Belajar





DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Eti Rohaeti, Euis. 2004. Pembelajaran Dengan Metode Improve Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SLTP. http:||pps.upy.edu/org/abstrakthesis/abstrakmat/abstrakmat 04.html.
Haryati, Dwi. 1997. Metode Drill dan Resitasi dalam Pemahaman Konsep Permutasi, Kombinasi dan Peluang Kejadian Ditinjau dari Pola Belajar Siswa, Skripsi, Surakarta: UMS (tidak diterbitkan).
Hujodo, 1998. Cara Seseorang Memperoleh Pengetahuan dan Implikasinya Pada Pembelajaran Matematika. http│www. Depdiknas. Go. id
Law, Glover. 2005. Improving Learning, Jakarta: Grasindo.
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: UI-Press.
Moleong, Lexy. 1990. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Tri. 2000. Strategi Pembelajaran (Learning and Teaching Strategy),  Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Luar Biasa UNY.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan ). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss.
Siroj, Rusdy A. 2001. Cara Seseorang Memperoleh  Pengetahuan Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Matematika. http: ||www. depdiknas. go. id.



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar