HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 14 Maret 2016

PTK SD 314 : Implementasi Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Beljar PKn Kelas VI SD XXX Tahun Pelajaran 2006/2007 Semester I

ABSTRAK



   

      Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstualpada materi ajar pemilu
      Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar XXX dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek penerima tindakan adalah 34 siswa kelas VI
      Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindak , pengamatan dan refleksi.
      Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 67,64 %,sedangkan siklus yang kedua mencapai 79,41 % dan pada siklius ke tiga mencapai 97,05 %. Secara statistik terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siklus pertama, kedua dan ketiga
      Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunanan pendekatan kontekstual pada pembelajaran PKn materi ajar pemilu  dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD XXX



DAFTAR PUSTAKA



Abror, Abd Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Alwasilah, Chaedar . 2000. Perspektif Pendidikan bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaighan Global. Bandung: Andira.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Hamalik, Oemar . 1990. Kurukulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi aksara.
Hilgard & Bower.1975. Terjemahan dalam Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, Hadari. 1981. Pengaruh Hubungan Manusiawi di kalangan Murid terhadap Prestasi Belajar di Sekolah.Yogyakarta. IKIP Yogyakarta.
            diakses pada tanggal         20 Septembe 2007
Sudrajat Ahmad, Tujuh Komponen Dalam CTL: http://abaryans.wordpres.com. diakses
            tanggal 20 September 2007.
Sujana, Nana . .2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Surakhmad, Winarno .1979.Metodologi Pengajaran Nasional. Jakarta:Jemmers.
Zahorik,2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Depdoknas


Buku-buku tersebut di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar