HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Jumat, 25 Maret 2016

PTK SD 303 = Pd 1089 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD XXX Pada Pokok Bahasan Pecahan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya

ABSTRAK




Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami sebagian besar siswa. Hal ini dikarenakan siswa belum memahami sebutan pembilang dan sebutan penyebut. Akibatnya siswa tidak terampil dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan, pembagian, dan perkalian bilangan pecahan. Sehingga hasil tes formatif maupun hasil tes sumatif menjadi rendah.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan dan merencanakan tindakan yang harus dilakukan oleh guru kelas VI SD XXX. Adapun cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal operasi hitung pecahan agar siswa tidak mengalami kesulitan adalah dengan menggunakan pembelajaran tutor sebaya.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus dimana tiap siklus meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI semester I SD XXX tahun pelajaran 2004/2005 yang terdiri dari 44 siswa yaitu 21 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan  tes akhir siklus. Sedangkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila pada siklus 3 nilai rata-rata kelas telah mencapai 6,7.
Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan pada siswa kelas VI semester I SD XXX tahun pelajaran 2004/2005. Saran yang dapat disampaikan adalah pembelajaran tutor sebaya akan lebih efektif apabila anggota dalam satu kelompok berjumlah tidak lebih dari 5 anak, serta ketepatan memilih anak yang akan bertindak sebagai tutor sebaya.



DAFTAR PUSTAKA




Amin Suyitno. 2004. Matematika Sekolah I. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Balai Pustaka. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Kelas VI SD. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fontana. 1981. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Herman Hudoyo. 1990. Belajar Strategi Mangajar Matematika. Malang: Penerbit IKIP Malang.
Hisyam Zaini. 2002. Strategi pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD (Center For Teaching Staff Development).
Kuswadi. 2001. Pembelajaran Siswa SLTP. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Ruseefendi. 1989. Dasar-Dasar Matematika Modern Dan Komputer Untuk Guru. 1989. Bandung: Tarsito.
Sugeng Hariyadi dan Kawan-Kawan. 1993. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147

Tidak ada komentar:

Posting Komentar