HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Selasa, 29 Maret 2016

PTK SD 204 = Pd 794 : Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD XXX)

ABSTRAK



           Tujuan penelitian ini adalah untuk : ( 1 ) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep  siswa kelas V SD XXX melalui penggunaan model pembelajaran tutor sebaya. ( 2 ) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model siklus dengan langkah rencana, tindakan, observasi dan refleksi.. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD XXX Tahun Pelajaran 2010 / 2011 Waktunya semester II, dimulai pada bulan Januari sampai dengan bulan April 2011. Dari hasil pengamatan sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh informasi bahwa dari 20 siswa, ada 4 siswa atau 20 % siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran matematika, sedangkan pada siklus 1 diperoleh informasi bahwa dari 20 siswa, ada 10 atau 50 % yang sudah tuntas dalam pembelajaran matematika. Sedangkan pada siklus II diperoleh informasi bahwa dari 20 siswa, terdapat 17 siswa atau 85 % yang telah tuntas dalam pembelajaran matematika. Pada siklus III diperoleh informasi dari 20 siswa terdapat 19  siswa atau 95 % siswa tuntas dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa melalui penggunaan model pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran matematika, maka pemahaman konsep dan keaktifan siswa kelas V SD XXX Tahun Pelajaran 2010 / 2011 meningkat sebesar 95 %.


Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Tutor Sebaya



DAFTAR PUSTAKA



Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Abdurrahman, Muhammad. 2004. Pengaruh Pemahaman Konsep dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Matematika Pokok Bahasan Bilangan Pecahan. Skripsi : FKIP UMS ( Tidak diterbitkan )
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : bumi Aksara
Handoko, Lilik. 2007. Penerapan Pendidikan Realistik Dalam Pembelajaran  Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang. Skripsi : FKIP UMS    ( Tidak diterbitkan )
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Rosda
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Bandung : Rineka Cipta
Nana Sudjana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta : FEUI
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Silberman, Melvin L.2009.  Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusamedia
Syamsu Yusuf  LN. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda
Sriyono dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta : Rineka Cipta
Sudwiyanto, dkk. 2007. Terampil Berhitung Matematika Kelas V. Jakarta: Erlangga
Sugiyanto . 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru ( PSG ) Rayon 13
Sumanto, YD. 2008. Gemar Matematika 5. Jakarta : Depdiknas
Tristiyawati, Rina. 2007. Penggunaan Pendekatan Konstektual Dalam Pembelajaran  Matematika Sebagai upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan. Skripsi : FKIP UMS ( Tidak diterbitkan )
Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Mencetak PBM Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara
www.bilangan bulat.wordpress.com, 26 Oktober 2010.



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP 0856 0196 7147

Tidak ada komentar:

Posting Komentar