HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Selasa, 02 Februari 2016

PTK SD 310 = Pd 1172 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD XXX Dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Benda Konkret

ABSTRAK




Nilai  ulangan  harian  untuk  pokok  bahasan  pecahan  belum  memenuhi
syarat untuk dikatakan tuntas belajar. Respon siswa kurang baik terhadap pokok bahasan  pecahan,  akibatnya  hasil  tes  formatif  maupun  hasil  tes  sumatif  rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa
kelas III semester I SD XXX khususnya dalam materi pecahan melalui bantuan alat peraga benda konkret, agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III SD XXX   tahun pelajaran  2005/2006  terdiri dari  24  siswa,  diantaranya 13 siswa  laki-laki dan  11 siswa perempuan.
Hasil  penelitian  adalah  sebagai  berikut:  Pada siklus I  siswa yang  tuntas belajar  sejumlah  14  siswa  (58,3  %)  dan  yang  tidak  tuntas  belajar  sejumlah  10 siswa (41,7 %) dengan nilai rata-rata kelas 6,2 dan daya serap 61,7 %. Hasil pada siklus  II  siswa  yang  tuntas  belajar  sejumlah  17  siswa  (70,8  %)  dan  yang  tidak tuntas belajar sejumlah 7 siswa (29,2 %) dengan nilai rata-rata kelas 7,3 dan daya serap 73,3 %. Sedangkan hasil pada siklus III jumlah siswa yang tuntas belajar 21 siswa (87,5 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 3 (12,5 %) siswa dengan nilai  rata-rata  kelas  8,8  dengan  daya  serap  87,9%.  Karena  sudah  memenuhi indikator keberhasilan bahkan sampai melebihi dari nilai yang peneliti targetkan, maka penelitian ini dihentikan pada siklus III.
Simpulan  yang  dapat  diambil  adalah  bahwa  melalui  alat  peraga  benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pecahan pada kelas III  SD  XXX  tahun  pelajaran  2005/2006  dengan  tingkat  partisipasi  siswa  yang  cukup menggembirakan  serta  memacu  guru  untuk  lebih  kreatif  dan  inovatif  dalam mengembangkan model pembelajaran.
Untuk  membantu  mengungkap  dan  menjelaskan  materi  pecahan  pada
siswa kelas III agar memiliki pengetahuan dasar yang kuat khususnya pada materi pecahan  ini,  disarankan  untuk  menggunakan  bantuan  alat  peraga  benda  konkret dalam  menanamkan  konsep-konsep  pecahan.  Hal  ini  disesuaikan  dengan  tingkat pemikiran dan usia siswa kelas III yang masih dalam tahap realistik (tahap nyata) dan  belum  dapat  memahami  hal-hal  yang  abstrak.  Sehingga  materi  dapat  lebih mudah dipahami oleh siswa.



DAFTAR PUSTAKA



Ahmad,  Djauzak.  1996.  Petunjuk  Peningkatan  Mutu  Pendidikan  di  Sekolah
Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Alwi, Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud.  2000.  Pedoman  Pembuatan  dan  Penggunaan  Alat  Peraga/Praktik Sederhana  Mata  Pelajaran  matematika  Untuk  Sekolah  Dasar.  Bandung: CV. Tidar.
Long, Lynette. 2001. Fabulous Fractions. Canada: John Wiley & Sons,Inc. Nasution. 1982. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Janmer.
Sudjana,  Nana.  1989.  CBSA  Dalam  Proses  Belajar  Mengajar.  Bandung:  Sinar
Baru.
Sugiarto.  2005.  Matematika  Sekolah  II.  Semarang:  FMIPA  Universitas  Negeri
Semarang.
Sugiarto  dan  Isti  Hidayah.  2004.  Workshop  Pendidikan  Matematika.  Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Sukahar dan dwi Juniati. 2004. Matematika 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Suyitno,  Amin.  2004.  Matematika  Sekolah  I.  Semarang:  FMIPA  Universitas
Negeri Semarang.
Suyitno,  Amin.  2005.  Pendidikan  Matematika  I.  Semarang:  FMIPA  Universitas
Negeri Semarang


Buku-buku Referensi diatas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar