HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Selasa, 22 Desember 2015

PTK TK 014 = Pd 852 : Meningkatkan Kemampuan Mengutarakan Pendapat Kepada Orang Lain Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok B Di TK XXX Tahun 2011/201


ABSTRAK




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengutarakan pendapat anak dengan menerapkan metode sosiodrama. Kemampuan mengutarakan pendapat pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengutarakan pendapat adalah dengan menerapkan metode sosiodrama.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B di TK ABA XXX tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran sosiodrama dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengutarakan pendapat anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni sebelum tindakan 37,26%, siklus I mencapai 65,12%, siklus II mencapai 75,54%, dan siklus III mencapai 82,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan mengutarakan pendapat pada anak Taman Kanakkanak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Kemampuan Mengutarakan Pendapat



DAFTAR PUSTAKA



Anonim. “Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat”. http://repository.upi.edu Diakses pada 25 November 2011, 14:28.
Anonim. ”Teknik Konseling Asertif Trainning”. Dalam http://misscounseling.blogspot.com. Diakses pada 25 November 2011, 14:58.
Anonim. http://www.kesimpulan.com. Diakses pada 26 November 2011, 20:15.
Anonim. http://id.shooving.com.__Diakses pada 26 November 2011, 19:51.
Anonim. “Metode Penelitian, Jenis Penelitian, dan Data Penelitian”. Dalam http://merahitam.com. Diakses pada 30 November 2011, 19:36.
Agustini, Tri. 2007. “Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajukan Pendapat Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Melalui Penggunaan Metode Diskusi Bagi Siswa Kelas VIII C SMP N 24 Surakarta Pada Semester II Tahun 2007”. Dalam Widyatama Vol 5 No 2. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmawati, Luluk dkk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Departeman Agama. 2000. Petunjuk Teknis Proses Belajar Mengajar di Raudhlatul Athfal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta: Depdiknas.
Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dharminto. Metode Penelitian dan Penelitian Sampel._ Dalam http://eprints.undip.ac.id . Diakses pada 30 November 2011, 19:42.
Dhieni, Nurbiana dkk, 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hanurda. 2008. http://digilib.petra.ac.id. Diakses pada 25 November 2011, 14:23. Imamudin, Agus. 2011. ”Penerapan Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran  Bahasa Indonesia di Sd Kelas V Materi Apresiasi Sastra”. Dalam http://agus-imamudin.blogspot.com. Diakses pada 25 November 2011, 14:39.
Khalimah, Siti. 2010. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas VI di SDN Suwayuwo I Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan”. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Karnadi. 2009. “Pengaruh Jenis Kelamin Dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Anak Kelas Rendah Di Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri.
Notohadiprawiro, H. 1992. “Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah”. http://soil.faperta.ugm.ac.id/tj/1991/1992%20meto.pdf . Diakses pada 30 November 2011, 19:21.
Purwaningsih, Ari. 2011.”Penerapan Metode Sosiodrama untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Kelompok A Semester II tahun 2010/2011 Tk Minhajut Thullab Baujeng - Beji Kabupaten Pasuruan”. Malang: Universitas Negeri Malang.
Poerwadarminta, W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Wardhani, I.G.A.K dan Wihardit, Kuswaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.



Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar