HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 30 November 2015

PTK TK 010 = Pd 823 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita yang Pernah Didengar Melalui Metode Bercerita Menggunakan Papan Fanel di TK XXX Tahun 2012


ABSTRAK




Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas xxx, 62 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah didengar melalui metode bercerita menggunakan papan flanel pada anak di TK xxx. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model alur. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah didengar anak, yakni sebelum tindakan 42,01%, Siklus I mencapai 60,06%, Siklus II mencapai 70,13%, dan Siklus III mencapai 81,94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita menggunakan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah didengar anak di TK xxx Tahun 2012. 




DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan Ke-4. Jakarta: Balai Pustaka.
Hidayat, Heri. 2003. Aktivitas Mengajar Anak TK. Bandung: Yarsis.
Hakim, Lukman. 2004. Metodologi Penelitian. Buku Pegangan Kuliah. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Grasindo.
Kartika, Deny Dwi. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak Kelompok B melalui Metode Bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. UMS. (UMS Skripsi tidak dipublikasikan).
Miles, Mathew B dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak (TK). Jakarta: Rineka Cipta.
Muaddab, Hafis. 2010. Metode Menceritakan Kembali.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Ratnawati, Eka. 2010. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Dongeng dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Bendosari Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun 2010. UNS. (UNS Skripsi tidak dipublikasikan).
Wuntat. 2009. Mendidik Anak-Anak dengan Memanfaatkan Metode BCM. Yogyakarta: Pustaka Syahida.







Untuk Mendapatkan File Lengkap Silahkan Hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar